Ekonomi Koperasi


Roti Pisang Keju

Bahan   :
·        3 Roti hotdog
·        3 Susu kental manis, cairkan dengan 2 sdm air
·        3 sdm gula pasir
·        50 gr keju parut
·        50 gr kacang tanah cincang kasar
·        50 gr muisjes
·        3 buah pisang raja, goreng setengah matang dengan margarin
·        1 sdm margarin untuk olesan 

Cara Membuat     :
·        Belah memanjang roti (jangan sampai putus ) basahi sedikit bagian dalam dan luarnya dengan susu
·        Campur gula pasir, keju parut, kacang tanah dan muisjes. Isi roti dengan 1 sendok makan campuran bahan
·        Letakkan pisang raja di tengahnya, tutup atasnya dengan 1-2 sendok makan campuran isian lalu ratakan , kemudian b ungkus dengan selembar alumunium foil.
·        Panggang dalam oven panas hingga matang dan permukaannya agak gosong , kemudian jika sudah matang diangkat olesi dengan margarine selagi panas agar mengkilat , lalu sajikan.



Khasiat Jus Mangga

Mangga adalah buah yang kaya akan gizi dan serat, selain itu mangga adalah buah yang mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh. Serat dapat menmbuat saluran pencernaan menjadi lancar, bayangkan jka tubuh kita kekurangan serat kita pasti akan kesulitan untuk buang air besar.
·        Jus mangga dapat menyrap protein karbohidrat dan juga asam lemak esensial dan mineral
·        Jika memliki bau badan yang berlebih dapat mengkonsumsi jus mangga seminggu 2x selain dapat mengurangi bau badan, jus mangga dapat meremajakan sel jadi tidak perlu membeli obat – obatan mahal jika ingin awet muda cukup secara rutin mengkonsumsi jus mangga.
·        Campuran mangga dapat di mix dengan buha pepaya, jika dicampur keduanya kandungan yang terdapat dalam jus tersebut adalah karbohidrat dan kadar enzim yang tinggi. Selain itu fungsi yang paling penting dari jus pepaya dan mangga dapat menanggulangi pembengkakan dan peradangan, melancarkan fungsi cerna, sirklus darah dan menurunkan demam.
·        Jus mangga dapatmengurangi dehidrasi berlebih pada tubuh
Namun perlu anda ketahui. Tidak semua mangga berfungsi sama dalam tubuh, lain mangga lain pula nilai gizi yang terkandung. Contonya saja, mangga yang matang dan segar mempunyai kandungan air sekitar 82%, vitamin C41 mg energy/kalori 73 kal/gram.
Pada mangga muda terdapat kalori 100 gram dan pada mangga yang masih mentah terdapat kandungan air sekitar 85%, dan mempunyai vitamin C 65 mg dan 66 energi kalori. Jadi semakin muda mangga maka vitamin C yang terkandung pada mangga semakin tinggi.


Lemang

Bahan                   :
·        Bambu dengan diameter 4 cm dengan salah satu ujungnya beruas
·        Beras ketan putih
·        Daun pisang untuk alas secukupnya
Bumbu        :
·        Bawang putih
·        Santan
·        Garam
Cara Memasak     :
·        Pertama alasi bilah bambu dengan daun pisang yang telah dibersihkan, caranya itu dengan menggulung daun pisang  lalu masukkan ke dalam bilah bambu dengan penjepit dari bambu dan atur supaya seluruh permukaan bambu agar tertutup dan lebihkan daun sekitar 5 cm dari lubang permukaan bambu.
·        Kedua masukkan kedalam santan, garam, dan bawang putih lalu diaduk menjadi satu.
·        Ketiga msukkan ketan kedalam bambu sampai ¾ lalu tuangkan santan kedalam sampai dua ruas jari diatas ketan. Tutup dan rapatkan kelebihan daun pada bagian atas yang terbuka kemudia ikat kuat tepat diujung bambu.
·        Keempat bakar diatas bara api yang cukup besarnya dengan meletakkan kearah atas agak miring, putar sekali-kali agar matangnya merata pembakaran lemang kira-kira kurang lebih 3 jam.
·        Setelah matang angkat dari bara api tunggu sampai agak dingin dibelah bambunya lalu dihidangkan

 



Komentar